Kamis, 14 November 2019

Ibu Rumah Tangga Raih Gelar Sarjana Dalam Waktu Tiga Setengah Tahun


Bu Lasmi Wisuda Di UT Pusat
Perempuan berusia 50 tahun ini salah satu mahasiswi UT Pokjar Johor jurusan Sastra Inggris. Lasmi, namanya. Ibu tiga orang anak ini terdaftar sebagai mahasiswi di UT Pokjar Johor pada tahun akademik 2016.1.

Bu Lasmi, begitu orang-orang memanggilnya. Beliau mampu menyelesaikan program sarjana dalam jangka waktu 3,5 tahun, di usia yang tidak lagi muda tidak membuat beliau berhenti untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Sedari dulu perempuan kelahiran 1969 ini ingin menempuh pendidikan di universitas, ingin terus belajar tanpa ada batasan dan meningkatkan kualitas hidup namun belum ada kesempatan. Berkelana kesana kemari mencari informasi melalui internet tentang perkuliahan, akhirnya beliau mendapatkan informasi tentang UT melalui KJRI Johor Bahru. Setelah itu, pada tahun 2016 beliau mendaftar di UT dan resmi menjadi mahasiswi UT Pokjar Johor angkatan 2016.1 dan beliaupun perlahan mulai mewujudkan keinginannya yang sejak muda yang belum terwujud, yaitu meraih gelar sarjana.

Selama menempuh pendidikan di UT Pokjar Johor, tidak sedikit kendala belajar yang dialami oleh Bu Lasmi. Mulai dari kesibukan sebagai ibu rumah tangga sampai kesibukan sebagai tenaga pengajar di Indonesian Community Center (ICC) Muar. Kesibukan demi kesibukan yang menjadi kendala tak menyurutkan beliau untuk terus belajar dan membagi waktu antara kewajiban sebagai ibu rumah tangga, tenaga pengajar dan sekaligus mahasiswi UT. 

Semester demi semester mampu dilewati dengan baik, sampai dengan semeter 6 (enam), beliau telah meraih IP di atas 2,0 yang merupakan syarat kelulusan di UT dan beliau berhasil lulus Tugas Akhir Program (TAP) dan Karya Ilmiah (Karil) pada semester 7 (tujuh) dan beradasarkan SK Yudisium, Bu Lasmi dinyatakan resmi lulus dari Universitas Terbuka dengan meraih IPK 3,xx. Bu Lasmi mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) atau wisuda di UT Pusat bersama 2 (dua) mahasiswi UT Pokjar Johor lainya, Wely Mareta Anggraeni dan Suwarsih. Dan mereka bertiga telah resmi mendapat gelar akademik Sarjana Sastra dan Sarjana Manajemen.

Finally, Bu Lasmi bangga dan berpuas hati kepada Pengurus DPM UT Pokjar Johor karena telah banyak membantu dan berkorban juga banyak memberikan kontribusi terhadap apa yang beliau jalani selama menempuh pendidikan di UT Pokjar Johor. Beliau berharap, dengan gelar sarjana yang ia raih di UT dapat bermanfaat bagi kehidupan yang akan datang dan juga dapat memberikan manfaat untuk ICC Muar tempat dimana ia mengabdi.

Tak lupa, perempuan asal Blitar ini berpesan kepada para senior dan juniornya yang masih berjuang di UT untuk terus belajar dimana saja dan kapan saja. "Belajarlah dimana saja, rajinlah membaca modul dan berbagai macam jenis buku. Manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya" katanya sesaat sebelum berangkat ke Jakarta.
 
Ibu dari tiga anak ini juga memberikan pesan bijak, "Belajar unlimited tanpa memandang usia. Maju tatu, mundur ajur. Kalau kamu teruskan kamu akan terluka, kalau mundur maka akan hancur" begitu pesannya sambil menutup perbincangan.

Selamat Bu Lasmi, terima kasih karena menjadi motivasi. Terima kasih karena telah membuktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu. Usia bukan suatu penghalang untuk meraih gelar sarjana selagi ada niat, usaha, doa dan tawakal.

1 comments:

pakresky mengatakan...

ASS..WR.WB.SAYA pak resky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (082-391-772-208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL