Jumat, 27 September 2019

UT Pokjar Johor Rekrut Dua Tutor Baru Dan Menambah Kelas TTM

Dokumen UT Pokjar Johor

Memasuki tahun akademik 2019.2, UT Pokjar Johor yang merupakan Pokjar pertama di Malaysia telah menerima mahasiswa baru sebanyak 49 mahasiswa, ke 49 mahasiswa baru tersebut terdiri dari berbagai jurusan seperti Manajemen, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris BMP, Administrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Hukum, Ekonomi Pembangunan dan Sosiologi.

Tutorial Tatap Muka atau biasa disebut TTM salah satu sistem belajar UT yang mempertemukan mahasiswa dengan tutor di dalam sebuah kelas. TTM pertama kali dibuka UT Pokjar Johor pada tahun 2017 dengan dua kelas TTM yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ibu Neli Syaripah, S.Pd dan Bapak Rahmat Suardi, S.Pd yang merupakan guru Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) menjadi tutor kedua matakuliah tersebut mulai dari tahun 2017 sampai 2019, dan pada tahun 2019.1 Pengurus DPM UT Pokjar Johor berhasil menambah satu kelas TTM matakuliah Pengantar Akuntasi dan Ibu Ninus Yustisia Dwirini, S.E., M.Ak selaku BPKRT KJRI Johor Bahru menjadi tutor matakuliah tersebut.

Untuk meningkatkan nilai akademik mahasiswa, Pengurus DPM UT Pokjar Johor 2019 yang tergabung dalam Kabinet Aktif, Kreatif, Regenerasi, Amanah dan Bertanggungjawab (AKRAB) merekrut dua tutor baru dan menambah satu kelas TTM. Bapak Rahmat Suardi yang sebelumnya menjadi tutor Bahasa Inggris selama lima semester harus mengakhiri tugasnya sebagai tutor UT karena akan kembali ke Indonesia setelah purna tugas sebagai pengajar di SIJB. Untuk menggantikan peran Bapak Rahmat, pengurus DPM UT Pokjar Johor bekerjasama dengan KJRI Johor Bahru merekrut Bapak Raden Dodhi Agusta Perkasa, M.A., Mus.Ed yang juga rekan sejawat Bapak Rahmat di SIJB. Selain merekrut Pak Dodhi, UT Pokjar Johor juga merekrut Bapak Ardian Nur Rizki, S.Pd untuk tutor matakuliah PKN, yang mana matakuliah PKN ini merupakan kelas TTM  yang berhasil dibuka UT Pokjar Johor pada tahun 2019.2 ini.

Dengan demikian, TTM yang awalnya di anggap mustahil bisa dibuka di UT Pokjar Johor telah dibuktikan oleh pengurus bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini selagi kita mau kerja keras, kerjasama, berusaha, berdoa dan bertawakal untuk kepentingan orang banyak. Dari tahun 2017.1 sampai 2019.2 UT Pokjar Johor telah berhasil menjawab sebuah kemustahilan dengan melaksanakan atau membuka kelas TTM sebanyak empat kelas yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengantar Akuntansi dan PKN.

Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, Pengurus DPM UT Pokjar Johor, KJRI Johor Bahru, Sekolah Indonesia Johor Bahru dan mahasiswa UT Pokjar Johor. Pencapian ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama kita semua, semoga dengan adanya TTM ini dapat lebih meningkat nilai akademik mahasiswa dan semoga ditahun-tahun yang akan datang kelas TTM bisa dibuka lebih banyak lagi. (Endri Mardiansyah)

0 comments: