Senin, 16 September 2019

Pekerja Migran Indonesia Di Johor Bahru Resmi Berseragam UT Pokjar Johor

Dokumentasi UT Pokjar Johor
UT Pokjar Johor melaksanakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) 2019.2. Kegiatan yang di koordinir oleh DPM UT Pokjar Johor ini bertujuan untuk memperkenalkan UT, sistem belajar, kegiatan akademik dan non akademik, organisasi serta jadwal belajar yang ada di UT Pokjar Johor.

Kegiatan OSMB ini dilaksanakan selama satu hari pada 15 September 2019 di Aula Konsulat Jenderal RI Johor Bahru. Beberapa tamu kehormatan berkesempatan menghadiri kegiatan ini diantaranya, Konsul Jenderal RI Johor Bahru, P.F Pensosbud KJRI Johor Bahru, Kassubag TU UPBJJ-UT Batam, Anggota Kehormatan DPM UT Pokjar Johor dan Guru Sekolah Indonesia Johor Bahru.

Kegaiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap semesternya ini selain dihadiri tamu kehormatan dan para mahasiswa baru juga dihadiri puluhan mahasiswa UT Pokjar Johor lainnya. Kegiatan ini dimulai pada 10:15 pagi diawali pembukaan, doa, menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Hymne UT dan pemutaran video profil UT Pokjar Johor.

"Pada tahun 2019 ini, kami dari pihak kepengurusan memang tidak banyak melaksanakan kegiatan non akademik. Karena kami berusaha mencoba untuk lebih fokus pada kegiatan akademik. Dan pada 2019.2 ini UT Pokjar Johor menambah satu lagi kelas TTM yaitu matakuliah PKN, sehingga pada 2019.2 akan dilaksanakan tiga kelas TTM, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan PKN" ucap Endri Mardiansyah selaku Ketua Umum DPM UT Pokjar Johor pada sambutannya.

Pengurus DPM UT Pokjar tahun ini ingin lebih fokus pada akademik karena ingin meningkatkan kualitas akademik para mahasiswa. Kemudian menurut Ketua Umum DPM UT Pokjar Johor, pada 2019.2 ini UT Pokjar Johor telah menerima sebanyak 49 mahasiswa baru yang terdiri dari berbagai jurusan dan meningkat dari 2019.1 yang sebelumnya berjumlah 29 mahasiswa baru dan total mahasiswa yang teregistrasi pada 2019.2 berjumlah sekitar 160 mahasiswa.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Lusy Farina selaku Kasubbag TU UPBJJ-UT Batam menyampaikan target yang diberikan oleh Menristekdikti terhadap UT adalah sejuta mahasiswa yang tersebar diseluruh Indonesia dan luar negeri. Terkait dengan target tersebut, pada 2019.2 ini UPBJJ-UT Batam masuk dalam lima besar jumlah mahasiswa terbanyak di UPBJJ-UT dengan jumlah 2150 mahasiswa. Kemudian beliau mengucapkan apresiasi kepada UT Pokjar Johor karena dari 2150 mahasiswa tersebut tidak terlepas dari kontribusi dari UT Pokjar Johor.

Dokumentasi UT Pokjar Johor
Dokumentasi UT Pokjar Johor
Sementara itu, Konsul Jenderal RI Johor Bahru dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan OSMB 2019.2 ini, beliau bangga dan memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih UT Pokjar Johor dibalik kesibukkan sebagai Pekerja Migran Indonesia. KJRI Johor Bahru siap mendukung dan memberikan fasilitas untuk setiap kegiatan UT Pokjar Johor. Menurut Bapak Sunarko, program OSMB ini merupakan tahapan awal dan penting sebagai langkah awal mahasiswa untuk menempuh pendidikan di UT dan sejalan dengan program pemerintah yaitu SDM Unggul Indonesia Maju. "Upaya rekan-rekan semua secara individual, secara personal dan kolektif di UT ini adalah bagian dari upaya kita untuk mendukung program pemerintah mewujudkan SDM yang unggul, berkapasitas, memiliki daya saing serta mampu berkompetisi di era yang semakin maju" ujar orang nomor satu di KJRI Johor Bahru itu.

Selain memberikan motivasi pada puluhan mahasiswa yang hadir, Konsul Jenderal RI Johor Bahru juga menyematkan almamater secara langsung kepada perwakilan mahasiswa baru sebagai tanda bahwa mahasiswa baru 2019.2 telah resmi menjadi bagian dari UT dan UT Pokjar Johor.
Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan penyampaian materi OSMB oleh Kasubbag TU UPBJJ-UT Batam, kemudian pengenalan kegiatan, pengenalan pengurus dan sistem belajar di UT Pokjar Johor oleh Endri Mardiansyah dan terakhir melakukan aktivasi tuton mahasiswa baru yang dibimbing oleh seluruh pengurus DPM UT Pokjar Johor.

Di akhir kegiatan, menurut salah satu mahasiswa baru, dia tidak menyangka anak muda dan Pekerja Migran Indonesia di Johor Bahru masih banyak yang mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar. Dia Berharap kedepannya bisa berjalan lancar dan dapat menyesuaikan antara kerja dan kuliah sehingga setelah menyelesaikan kuliah nanti dapat meningkatkan kualitas hidup di masa yang akan datang. Ketika ditanya kesan dalam mengikuti OSMB, mahasiswa baru ini mengaku banyak mendapat manfaat dan pengetahuan baru, "Saya yang awalnya gak tahu apa-apa tentang UT, melalui OSMB ini banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat. Para senior juga memberi kami motivasi, trik dan sistem belajar di UT. Ya Alhamdulillah semoga apa yang disampaikan dan diberikan oleh senior tadi dapat diterapkan kedepannya dan dapat berjalan dengan lancar". Ucap Frendi Antono mahasiswa jurusan Administrasi Negara.
  

1 comments:

adpupokjarjohor mengatakan...

SEMANGAT PMI MILENIAL 2019.

PMI YANG BERSUMBER DAYA MANUSIA HEBAT UNTUK PMI HEBAT.