Home » , , » Cara Registrasi Mahasiswa Baru Di UT Pokjar Johor

Cara Registrasi Mahasiswa Baru Di UT Pokjar Johor


Mahasiswa UT Pokjar Johor 2017.1

Oleh : Endri Mardiansyah

UT Pokjar Johor adalah kelompok belajar Johor Bahru yang merupakan perluasan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Batam.
UT Pokjar Johor bermarkas di Konsulat Jenderal RI (KJRI) Johor Bahru, Malaysia.

Saat ini lebih dari 300 Mahasiswa yang berstatus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sudah terdaftar dan mengikuti perkuliahan di UT Pokjar Johor.

Menjabat sebagai Wakil Ketua DPM di UT Pokjar Johor pada tahun 2015 dan 2016 dan sebagai Ketua DPM UT Pokjar Johor pada tahun 2017, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang saya terima dari para teman-teman TKI yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Mulai dari persyaratan, cara mendaftar, status ijazah, sistem belajar, biaya kuliah dan legalitas UT itu sendiri.

Melalui tulisan ini, saya mencoba sedikit memberikan informasi tentang apa saja persyaratan, bagaimana cara mendaftar dan biaya perkuliahan di UT Pokjar Johor.

Oke, kita mulai dari persyaratan.
Apa saja sih persyaratan untuk bisa mendaftar di UT Pokjar Johor?Untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa UT Pokjar Johor kita cukup melengkapi dua persyaratan adminitrasi. Yang pertama adalah:
Fotocopy ijazah SMA/Sederajat yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar dan yang kedua pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar dengan latarbelakang bebas.
Simple kan?

Para TKI yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku kuliah biasanya mengalami kendala persyaratan ijazah. Karena ijazah mereka ada di kampung, ada juga yang ijazah nya masih di sekolah dan belum cap tiga jari.
Kalau masalah ijazah masih di kampung, menurut saya kendala itu masih bisa diatasi. Karena mayoritas mahasiwa UT Pokjar Johor sebelum terdaftar sebagai mahasiswa ijazah mereka juga ada kampung. Bagaimana solusinya?

Jadi solusinya begini, kalau benar-benar mau kuliah silahkan hubungi orangtua atau keluarga yang ada dikampung, minta mereka mengirimkan fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir tersebut melalui pos. Kirimkan ke alamat tempat tinggal teman-teman di Malaysia baik itu hostel (asrama) atau pun kilang (pabrik), kalau fotocopy ijazah itu belum dilegalisir minta keluarga atau orangtua dikampung untuk melegalisirnya ke sekolah asal.
Biasanya dalam waktu satu minggu sudah sampai.

Ada juga pertanyaan seperti ini, "Bang, saya ada fotocopy ijazah tapi ga dilegalisir, tapi saya bawa juga ijazah aslinya, itu gimana Bang?"
Bagi yang sudah ada fotocopy ijazah tapi tidak dilegalisir, legalisir bisa dilakukan di Konsulat Jenderal RI Johor Bahru dengan syarat membawa ijazah asli.

Mengenai persyaratan sudah jelas kan?
Sekarang kita lanjut bagaimana cara mendaftarnya.
Kalau persyaratan adminitrasi sudah lengkap seperti fotocopy ijazah dilegalisir dan pas foto 4x6, untuk pendaftaran teman-teman bisa datang langsung ke alamat Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia di Jalan Taat No 46, Off Jalan Tun Abdul Razak, Johor Bahru, Malaysia.

Bagi yang tidak tahu alamat tersebut, sedikit petunjuk arah nih, dari JB Central, City Square atau Terminal Larkin, silahkan kalian naik taxi dan bilang ke sopir taxi nya mau ke "Konsulat Indonesia atau Kedutaan Indonesia" semua sopir taxi pasti tahu.
Tapi sebelum teman-teman pergi untuk mendaftar, pastikan teman-teman terlebih dahulu menghubungi pihak pengurus UT Pokjar Johor untuk mengetahui kapan waktu pendaftaran dilaksanakan.

Tentang persyaratan sudah, cara mendaftar juga sudah, sekarang kita lanjut tentang biaya adminitrasi.

Baiklah, untuk biaya adminitrasi dan pendaftaran di UT Pokjar Johor biayanya sangat terjangkau. Karena tidak banyak biaya yang harus kita bayar.
Apa saja biaya yang harus kita bayar sebagai calon mahasiswa UT Pokjar Johor?
Biaya yang harus kita bayar adalah:
- Satuan Kredit Semeter (SKS) = RM16/sks
- Uang kas = RM50/semester
- Biaya adminitrasi = RM10/semester
- Almamater = RM45
- Uniform = RM80

Untuk semester berikutnya teman-teman hanya membayar uang SKS, uang kas dan uang adminitrasi. Atau disemester berikutnya teman-teman juga bisa melakukan pendaftaran atau registrasi online melalui www.sro.ut.ac.id

Nah mulai dari persyaratan, cara mendaftar dan biaya perkuliahan sudah saya uraikan, jabarkan, dan jelaskan diatas.
Semoga bisa dipahami, dan semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini ingin ditanyakan namun malu untuk bertanya.

Terakhir, bagi teman-teman yang sudah siap dengan segala persyaratannya, pendaftaran calon mahasiswa baru UT Pokjar Johor akan kembali dibuka pada akhir Mei 2017. 


Share this video :
Comments
0 Comments

0 comments: