Home » , , » Sejarah Singkat UT Pokjar Johor

Sejarah Singkat UT Pokjar Johor

Mahasiswa UT Pokjar Johor Tahun 2011 (Dokumentasi DPM)

Oleh : Endri Mardiansyah

Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi dengan pendidikan untuk Warga Negara Indonesia di Malaysia.

Berawal dari keinginan para TKI yang bercita-cita melanjutkan pendidikan ke jenjang Pendidikan Tinggi, maka pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru Malaysia yang dirintis oleh Bapak Taufiq Hasyim Salengke yang pada waktu itu menjabat sebagai Staff Pensosbud KJRI Johor Bahru mencoba bekerjasama dengan salah satu Universitas Negeri di Indonesia, yaitu Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Batam, dengan menggunakan konsep belajar jarak jauh baik secara online ataupun dengan penggunaan modul.

Dengan besarnya respon WNI yang ada di Johor Bahru, dari situ beliau mendapatkan jawabannya bahwa WNI yang berstatus sebagai TKI sebenarnya ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi tetapi tidak mampu dikarenakan beberapa faktor.

Pada tahun 2008 KJRI Johor Bahru mulai menjajaki terobosan pembinaan masyarakat, khususnya para pekerja Indonesia di wilayah kerja KJRI Johor Bahru yang meliputi kawasan Johor, Melaka, Negeri Sembilan dan Pahang melalui Universitas Terbuka. Dimulailah perjalanan untuk merealisasikan keberadaan UT di Johor Bahru yang diawali oleh pihak UPBJJ UT Batam yang datang berkunjung ke KJRI Johor Bahru dipimpin oleh Kepala UPBJJ Batam pada waktu itu di jabat oleh Bapak Abdurrahman.

Dokumentasi DPM
Rencana kerjasama pendidikan untuk TKI sempat terkendala karena Bapak Abdurrahman pindah tugas dan digantikan oleh Bapak Paken Pandiangan. Namun masalah ini dapat diatasi dengan kunjungan balasan dari pihak KJRI Johor Bahru ke UPBJJ UT Batam.
Pada tanggal 13 Juni 2008 Staff KJRI Johor Bahru, Taufiq Hasyim Salengke, Prihanto Budi Prakoso dan Didik Trimardjono berkunjung ke kantor UPBJJ UT Batam untuk bertemu Bapak Paken Pandiangan. Dalam pertemuan tersebut dikonsepkanlah rencana kerjasama untuk membuka Kelompok Belajar (Pokjar) di Johor Bahru.

Diawal tahun 2009 (registrasi 2009.1) Universitas Terbuka Pokjar Johor mulai merekrut mahasiswa yang terdiri dari pekerja kilang/pabrik, konstruksi/bangunan dan ladang/perkebunan. Untuk gelombang pertama sebanyak 10 orang TKI menjadi mahasiswa UT Pokjar Johor. Selanjutnya pendaftaran mahasiswa untuk gelombang kedua dilakukan pada pertengahan tahun 2009 (registrasi 2009.2) dan hasilnya 14 orang menjadi mahasiswa UT Pokjar Johor.
Tahun 2010 (registrasi 2010.1) UT Pokjar Johor mendapat tambahan sebanyak 46 orang mahasiswa untuk gelombang ketiga.

Dokumentasi DPM 2011

Pada tanggal 11 April 2010 KJRI Johor Bahru telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan surat perjanjian kerjasama pelaksanaan Universitas Terbuka di Johor Bahru, yang ditandatangani oleh Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Bapak Jonas L. Tobing, Pejabat Fungsi Pensosbud, Ibu Woro Sawitri Sudharmanto dan Kepala UPBJJ UT Batam, Bapak Paken Pandiangan.
Dan untuk pertama kalinya, pada tanggal 11 April 2010 ini juga UT Pokjar Johor mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang di ikuti oleh seluruh mahasiswa UT Pokjar johor mulai dari gelombang 1 s/d gelombang 3.

OSMB 2011

OSMB 2011

Pertengahan tahun 2010 (registrasi 2010.2), UT Pokjar Johor kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk gelombang keempat dan hasilnya 56 orang menjadi mahasiswa baru.
Keinginan para TKI untuk dapat melanjutkan kuliah cukup besar, ini terlihat dari pendaftaran mahasiswa baru dilakukan setahun 2 kali.
Sejak tahun 2009 hingga saat ini ada lebih dari 400 mahasiswa yang terdaftar di UT Pokjar Johor. Mengingat perkembangan UT Pokjar Johor semakin pesat dan mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia, maka untuk kelancaran proses administrasi dibentuklah sebuah badan kepengurusan yang diberi nama Dewan Presidium Mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Johor (DPM UT Pokjar Johor).

Dokumentasi DPM 2010

Dewan Presidium Mahasiswa atau yang sekarang lebih dikenal dengan DPM UT Pokjar Johor merupakan perwakilan dari mahasiswa untuk mempermudah kelancaran adminitrasi mahasiswa dan melaksanakan program akademik maupun program non akademik.

Adapun Ketua DPM UT Pokjar Johor diantaranya :
1. Subana (2010)
2. Arief Ihsan (2011-2012)
3. Juni Fitriyadi (2013-2014)
4. Muhammad Rusli (2015)
5. Gupran (2016)
6. Endri Mardiansyah (2017)

Pelaksanaan pemilihan ketua DPM dilaksanakan satu kali dalam satu tahun atau dua semester.

Apapun yang kita ciptakan sekarang adalah proses untuk masa depan.


Bergabunglah bersama UT Pokjar Johor.
Share this video :
Comments
0 Comments

0 comments: