Home » » UT Peduli Untuk Muara Telang

UT Peduli Untuk Muara Telang

Rumah Korban Puting Beliung
Bencana alam tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Walaupun demikian, terjadinya bencana alam juga terkadang dikarenakan oleh masyarakat itu sendiri.

Rabu, 8 Februari 2017, telah terjadi bencana alam angin puting beliung yang cukup dahsyat di tiga desa di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Tiga desa tersebut adalah Desa Telang Jaya, Desa Mekar Mukti dan Desa Telang Makmur.

Mendengar informasi tersebut, pengurus UT Pokjar Johor langsung melakukan diskusi ringan melalui group WhatsApp untuk melakukan penggalangan dana guna membantu korban yang tertimpa musibah. Sejurus, pengurus sepakat untuk melakukan penggalangan dana pada hari minggu di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, Malaysia.
Endri Mardiansyah selaku Ketua DPM UT Pokjar Johor pun langsung melakukan koordinasi dengan warga setempat untuk mencari tahu bagaimana dan melalui siapa hasil dana bantuan akan disalurkan.

Setelah melakukan koordinasi dengan warga setempat, Endri yang kebetulan warga Desa Telang Jaya (tempat terjadi bencana alam) berhasil menghubungi langsung Bapak Gambeta S.Sos., M.Si selaku Camat Muara Telang. Bapak Gambeta menyambut niat baik dan berterima kasih karena mahasiswa UT Pokjar Johor bersedia membantu para korban dengan cara menggalang dana melalui UT Peduli dan langsung memberikan no rekening pribadi beliau.

Berdasarkan data yang diterima dari Camat Muara Telang, bencana puting beliung yang terjadi tepat pada jam 23:00 WIB itu menghantam tiga desa di Kecamatan tersebut. Ada 14 rumah rusak berat, 27 rumah rusak sedang, 29 rumah rusak ringan, 1 masjid/TPA rusak  sedang, 1 Pondok Pesantren rusak sedang, 3 orang luka berat dan 12 orang luka ringan.

Minggu, 12 Februari 2017 bertempat di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, disela-sela waktu istirahat kegiatan mahasiswa UT Pokjar Johor, tim UT Peduli melakukan penggalangan dana bantuan korban bencana alam di Desa Telang Jaya, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Selain di KJRI Johor Bahru, penggalangan dana ini juga dilakukan melalui via bank bagi mahasiswa yang tidak bisa hadir.

Alhamdulillah, setelah selesai penggalangan dana, tim UT Peduli mendapatkan dana bantuan dari mahasiswa UT Pokjar Johor sebesar RM579 atau Rp.1.695.000 dan uang tersebut langsung ditransfer ke Camat Muara Telang.

Penyerahan dana bantuan oleh Camat kepada Kepala Desa
Dana bantuan yang dikirim oleh mahasiswa UT Pokjar Johor ini diserahkan langsung oleh Camat Muara Telang Bapak Gambeta S.Sos., M.Si dan diterima oleh Kepala Desa Telang Jaya Bapak Juwahir dihadapan para korban bencana puting beliung serta disaksikan juga oleh Baznas Kabupaten Banyuasin, Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin, Ketua dan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuasin, Perangkat Desa Telang Jaya dan Staff Kecamatan Muara Telang.

Baznas, Dinsos dan Komisi IV DPRD Kabupaten Banyasin
Melalui Endri Mardiansyah selaku Ketua DPM UT Pokjar Johor, Camat Muara Telang Bapak Gambeta S.Sos., M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada teman-teman mahasiswa UT Pokjar Johor yang telah mengirimkan dana bantuan untuk korban bencana puting beliung di Desa Telang Jaya.
"Saya Camat Muara Telang menyampaikan apresiasi yang tinggi serta terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan bantuan dari mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Johor. Semoga bermanfaat dan penuh barokah."  Tutur beliau.

Atas nama UT Peduli dan UT Pokjar Johor, kami juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah menyisihkan sedikit rezekinya untuk para korban. Semoga apa yang kita berikan dapat meringankan beban mereka. (EM)

Share this video :
Comments
0 Comments

0 comments: