Home » » Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) UT Pokjar Johor

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) UT Pokjar Johor

Mahasiswa Baru 2017.1

Menjelang kegiatan belajar, mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Johor menggelar acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) periode 2017.1 pada 5 Februari kemarin.

Bertempat di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, acara yang dipandu oleh Muhammad Tobiin dari jurusan Ilmu Komunikasi ini berjalan dengan khidmat. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UT menjadi pembuka acara yang diikuti oleh 31 mahasiswa baru.

Sambutan pertama dari Ketua DPM UT Pokjar Johor, Endri Mardiansyah memberikan sambutan dan
juga ucapan selamat datang kepada mahasiswa yang telah menjadi bagian keluarga UT Pokjar Johor. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ibu Dewi Lestari selaku P.F Pensosbud KJRI Johor Bahru sekaligus pembina UT Pokjar Johor. Dalam sambutannya, beliau memberikan motivasi semangat belajar kepada mahasiswa baru. Beliau mengatakan, bahwa menjadi pekerja sekaligus mahasiswa bukanlah suatu hal yang mudah dilalui, harus ada tekad yang bulat dan keyakinan dari hati untuk bisa menjalani segala rintangan yang ada selama menempuh  pendidikan.
Setelah itu penyematan almamater secara simbolik oleh Pembina UT Pokjar Johor kepada perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing jurusan.

Sebelum memasuki acara inti, Saudara Boby Maulanza selaku perwakilan dari Bank Mandiri sedikit mensosialisasikan cara pembayaran uang kuliah UT melalui Mandiri Remittance.

Acara dilanjutkan dengan pemutaran video singkat seputar UT yang bertujuan agar mahasiswa lebih mengetahui akan makna dari nama  Universitas Terbuka, sejarah UT hingga alumni yang berhasil meraih kesuksesan.

Ketua DPM UT Pokjar Johor, melalui presentasi juga menambahkan informasi dengan menjelaskan profil khusus UT Pokjar Johor kepada mahasiswa baru. Ditengah acara beliau pun memberikan sebuah game sederhana yang dilakukan dengan apik. Sebuah pertanyaan tentang materi OSMB yang diselipkan oleh pengurus dibawah kursi peserta OSMB, yang beruntung berhasil membuat mereka sedikit ribut karena hal tak terduga tersebut. Hal ini bertujuan untuk menguji seberapa jauh pemahaman mahasiswa akan materi yang telah diberikan selama OSMB yang berdurasi sekitar 5 jam tersebut.

Acara terakhir yaitu melakukan aktivasi tutorial online agar segala bentuk tugas dan kegiatan belajar online yang diberikan dapat dikerjakan dengan lancar.

"Making higher education open to all"

Oleh : Ade Susilowati
Penyunting : Endri Mardiansyah

Share this video :
Comments
0 Comments

0 comments: