Home » » UT Pokjar Johor Mengajar

UT Pokjar Johor Mengajar

Endri Mardiansyah
"Membantu Mencerdaskan Generasi Bangsa"

Oleh : Kiswanto
Editor : Endri Mardiansyah

"Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan"

Bunyi daripada UUD 1945 pasal 31 ayat 1 inilah yang pada akhirnya menjadi acuan untuk mempertimbangkan pentingnya sebuah pendidikan pada bangsanya. Selain UUD tersebut hak untuk memperoleh pendidikan bagi anak-anak juga diatur dalam UU Hak Asasi Manusia No. 39 Tahun 1999 yang berbunyi, “Setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya sesuai minat, bakat, dan kecerdasannya.”

Pendidikan merupakan tonggak dari majunya sebuah bangsa. Pendorong sebuah kemajuan. Sebagai bahasa peradaban, pendidikan adalah bahasa paling fundamental untuk menjadikan tata dunia lebih baik. Pendidikan merupakan Hak Asasi Manusia yang tidak bisa disangkal lagi. Hak untuk memperoleh pendidikan ini sudah melekat pada semua orang, semua kalangan. Pendidikan melahirkan sebuah harapan untuk generasi muda, bangsa dan negara. Sehingga hak-hak itu telah melekat sejak mereka dilahirkan baik yang berada didalam negeri maupun yang ada di luar negeri.

Lupi

Sekolah Indonesia Johor Bahru atau SIJB adalah salah satu dari sekian banyak sekolah Indonesia yang berada di luar negeri. Berada di kawasan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, sekolah ini mencoba memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia khususnya Johor Bahru. Untuk saat ini SIJB memiliki tiga tingkatan pendidikan yakni SD, SMP dan SMA.

Universitas Terbuka Pokjar Johor, dengan program mengajar yang masuk dalam program kerja 2016, KJRI Johor Bahru memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar menjadi pengajar di SIJB. Kegiatan yang sudah lama direncanakan ini pada akhirnya dapat dilaksanakan. Pihak KJRI maupun SIJB memberikan respon yang sangat positif. Sehingga kegiatan ini menjadi suatu kesempatan yang tidak seharusnya dilewatkan oleh teman-teman UT Pokjar Johor untuk mendapatkan pengalaman mengajar.

Selain dari pihak KJRI dan juga SIJB, kegiatan ini juga disambut antusias oleh teman-teman UT  Pokjar Johor. Setidaknya setelah kegiatan diumumkan dalam group ada sekitar 20-an teman-teman dari UT Pokjar Johor yang berkeinginan menjadi relawan mengajar. Tentu saja mereka yang sudah terdaftar sebagai relawan mengajar sudah mempertimbangkan serta mengatur waktu agar mereka mampu mendedikasikan sepenuhnya untuk memberikan yang terbaik bagi adik-adik SIJB.

Kegiatan yang akan dilakukan secara berkelanjutan ini dibagi menjadi dua group, yaitu group pertama dibawah koordinasi Endri dan group kedua dibawah koordinasi Gupran. Hal ini dilakukan untuk memudahkan teman-teman UT Pokjar Johor yang lain mendapatkan kesempatan mengajar mengingat jumlah yang mendaftar cukup banyak banyak.

Desi Yulistiani

Saat memberikan materi pelajaran, UT Pokjar Johor tidak lantas memberikan pelajaran sesuai keinginan mereka. Sebelumnya para mahasiswa melakukan observasi sebagai cara untuk memahami apa yang akan mereka lakukan nantinya dan untuk pertama kali saat mengajar, mereka akan didampingi oleh pihak dari SIJB yang akan mengoreksi jika terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh teman-teman UT Pokjar Johor dalam proses mengajar. Selain itu teman-teman dari UT Pokjar Johor juga harus memahami kurikulum yang sedang diterapkan sesuai Dinas Pendidikan sehingga apa yang diberikan untuk adik-adik SIJB menjadi bermanfaat.

Kegiatan yang lebih banyak dilakukan pada hari Minggu ini setidaknya menjadi ajang untuk mengasah kemampuan dari teman-teman UT Pokjar Johor untuk mampu meningkatkan kualitas diri yang mereka miliki. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan hubungan yang sangat erat baik untuk SIJB dan juga KJRI. Selain itu kegiatan ini juga mampu memberikan pelajaran tentang sebuah keiklasan untuk berbagi.

"Pendidikan memiliki makna penting, ia bagaikn pelita dalam kegelapan yang menerangi setiap insan manusia. Pendidikan bukan hanya tradisi, tapi makna pendidikan adalah tolak ukur kemajuan bangsa."


Selamat mengajar untuk teman-teman UT Pokjar Johor. Pada akhirnya kita akan tahu bahwa apa yang kita tanam akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat kelak.


Share this video :
Comments
0 Comments