Home » » Edita Vransiska Irwanti

Edita Vransiska Irwanti



Edita Vransiska Irwanti, mahasiswi yang terdaftar di UPBJJ-UT Batam  Pokjar Johor pada periode 2012.1 (angkatan 3) memilih program studi manajemen karena menurutnya program studi ini sesuai dengan dirinya yang menyukai bidang perekonomian dan politik.

Mahasiswi kelahiran Karawang, tepatnya di Ds. Cikalong Sari 2, Rt 01 Rw 03 memiliki pengalaman menarik untuk kita ketahui bersama dan dapat dijadikan sebagai motivasi baik oleh mahasiswa/i UT Pokjar Johor maupun WNI yang bergelar TKI dan juga masyarakat pada umumnya.

Wanita yang akrab disapa Edita ini memulai jenjang pendidikannya pada tahun 1998 – 2003  menjadi murid SDN Cikalong Sari 1, kemudian melanjutkan sekolahnya di SMPN 1 JATISARI pada tahun 2003 hingga 2005. Selanjutnya Edita mencatatkan namanya di SMAN 1 JATISARI sebagai siswi jurusan IPA.

Beberapa pengalaman berorganisasi dan kegiatan semasa sekolah adalah Ketua PASKIBRA SMPN 1 JATISARI (2005-2006), SEKERTARIS OSIS SMPN 1 JATISARI (2005-2006), KETUA PASKIBRA SMAN 1 JATISARI (2008-2009), KETUA OSIS SMAN 1 JATISARI (2008-2009), Dan di tahun 2008-2009 juga sebagai SEKERTARIS BADKO (BADAN KOORDINASI OSIS) se-Kabupaten Karawang.

Di samping pendidikan formal Edita juga telah mengikuti beberapa pedidikan non formal diantaranya: Pelatihan Dasar Kepemimpinan PPI Karawang, Pelatihan Kerja Keterampilan Operator Komputer (Ms, office,Internet) di TRI MITRA KARYA MANDIRI, Pelatihan dan Pendidikan ”Seni Peran dan perfilman” oleh Pemerintah Kota Madya Jakarta Timur, Pelatihan Public Speaking Relationship oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Pelatihan Master Of Ceremony oleh Dinas Kebudayaan oleh Dinas Kabupaten Karawang.

Acara Sumpah Pemuda 2014
Dengan berbagai keterampilan yang dimilikinya, maka tak heran jika dirinya kerap kali diberikan  tanggung jawab sebagai pembawa acara di setiap event yang diadakan oleh UT Pokjar Johor. Seperti halnya tahun 2014, acara "Sumpah Pemuda" tahun 2015 Edita juga mendapatkan sebuah kepercayaan untuk memandu acara perayaan "Sumpah Pemuda" dengan tema "Indonesia Expresikan Kreasimu."

Pada event sosialisasi pemilu, seminar motivasi, acara lomba fashion show, acara "Berbuka Puasa Bersama UT dan UT Peduli" Edita juga ikut andil dalam memeriahkan suasana dengan pembawaannya yang khas.

Menceritakan pengalamannya bergabung menjadi bagian dari mahasiswi UT Pokjar Johor membuatnya merasa bangga. Ia merasa sangat beruntung dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan dibukannya UT Pokjar Johor oleh UPBJJ-UT Batam di Johor Bahru Malaysia ini, Edita berharap para TKI mampu menggunakan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik dimana nantinya mampu meningkatkan kualitas SDM yang  dimiliki oleh para TKI.

Sebagai seorang TKI, Edita juga memaparkan kesulitanya dalam membagi waktu untuk bekerja dan belajar. Ia harus mampu memanfaatkan waktu luang yang ada untuk sekedar membaca materi kuliah dan juga mengerjakan tugas. Di samping itu, faktor kelelahan adalah hal yang kerap kali ia rasakan sebagai pemicu rasa malas.

Selain itu, ia juga sangat sulit mendapatkan izin untuk datang ke KJRI ketika ada pertemuan. Edita juga menjelaskan alasannnya yang ternyata juga menjadi permasalahan teman-temnnya di UT Pokjar Johor. Waktu libur yang sudah menjadi aturan dari perusahaan dimana dirinya bekerja menjadi penyebab utama sulitnya mendapatkan izin.

Kesulitan-kesulitan yang dihadapinya tidak membuat wanita yang bekerja sebagai sekertaris di Hwa Kee ini menyerah. Bahkan dengan bangga ia memperkenalkan UT Pokjar Johor kepada teman-temannya yang ada di kawasan Ulu Tiram serta menjelaskan pentingnya pendidikan dan juga mengajak teman-temannya yang berminat untuk bergabung dengan UT Pokjar Johor.

Edita menceritakan bahwa kali pertama mengenal Universitas Terbuka di Johor Bahru adalah dari keluarganya yang berada di Malaysia, Ini yang melatarbelakangi Edita mejadi TKI karena keinginanya melanjutkan kuliah sambil bekerja.  Di samping itu juga hal lain yang membuat Edita menjadi TKI adalah karena keinginannya untuk membantu prekonomian keluarga dan meraih cita-citanya, Keinginan terbesar dalam diri Edita adalah meNgabdi kepada masyarakat terutama untuk masyarakat di tempatnya yaitu KARAWANG, Jawa Barat, Edita bertekad kuat ingin terus menerus menambah pengetahuan sampai ke S2 dan seterusnya, karena menurut Edita "Manusia berilmu Itu tidak Rugi."

DPM  ANGKATAN PERTAMA
Dan kini walaupun Edita sudah pulang ke Indonesia Dia tetap akan melanjutkan kuliahnya dan bertekad akan menyelesaikan gelar sarjananya di UPBJJ-UT Bandung.
Beberapa photo Edita di Pokjar Johor
Demikian serba sedikit profile dan pengalaman mahasiswi UT Pokjar Johor. Semoga Cita-cita dan harapan teman kita Edita Vransiska Irwanti diarahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa ke arah keberhasilan dan kesuksesan. dan semoga kita bisa mendapatkan pelajaran berharga dari kisah teman kita ini.
Share this video :
Comments
0 Comments